laporan magang 3
Baca Juga: Laporan Magang Unismuh
BAB I
BAB
II
RPP merupakan komponen yang berperan penting dalam
proses belajar mengajar khususnya bagi guru yang akan menyampaikan isi dari
bahan ajarnya . RPP berisikan tujuan pembelajaran, metode, langkah langkah
pembelajaran yang membuat seorang guru akan lebih terarah dalm menyampaikan
materi kepada siswa siswa didalam kelas.
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
PENDAHULUAN
A.
Visi Misi Sekolah
1.
Visi Sekolah
“Terwujudnya
Siswa yang berkualitas dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Iman dan
Takwa”
2.
Misi Sekolah
Misi Madrasah Aliyah Aisyiyah Sungguminasa yaitu :
a.
Mengembangkan
kurikulum nasional sesuai kebutuhan zaman
b.
Melaksanakan
profesi pembelajaran yang aktif/kreatif dalam rangka mengembangkan potensi
intelektual dan skill siswa.
c.
Menumbuhkan
motivasi dalam aktifitas keagamaan dan akhlak karimah.
d.
Mengembangkan
potensi akademin secara optimal sesuai dengan bakat dan minat untuk mencapai
prestasi akademik nasional maupun internasional.
Selain memiliki visi dan misi, MA. Aisyiyah memiliki tujuan lain,
yaitu :
a.
Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
b.
Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki
kekurangannya.
c.
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab.
1
|
d.
Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku dan ras dan golongan sosial ekonomi dalam
lingkup global.
e.
Menunjukkan
kemampuan berfikir logis, kritis, kerastif, dan inofatif dalam pengambilan
keputusan.
f.
Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
g.
Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis dalam
wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
h.
Menghasilkan
karya kreatif, baik individu maupun kelompok.
i.
Berkomunikasi
lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
j.
Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan perempati orang lain.
B.
Profil Sekolah
Identitas sekolah :
Ø Nama Sekolah :
Madrasah Aliyah Aisyiyah
Sungguminasa
Ø Nomor Statistik Sekolah : 131273060085
Ø Nomor Pokok Sekolah Nasional : 40320456
Ø Alamat
a.
Jalan : Jl.
Balla Lompoa No. 26
b.
Kelurahan : Sungguminasa
c.
Kecamatan : Somba Opu
d.
Kabupaten :
Gowa
e.
Kode Pos : 92111
f.
Telepon/HP : 081343972405
Ø Tahun Berdiri :
2005
Ø Tahun Beroperasi :
2005
Ø Akreditasi :
B
Ø Kepemilikan
a.
Status Tanah : Milik Sendiri
b.
Luas Tanah : 767 m2
c.
Status Bangunan : Milik Sendiri
d.
Luas Bangunan : 660 m2
1.
Riwayat Singkat Pendiri dan Pembina Sekolah
Madrasah Aliyah Aisyiyah Sumgguminasa baru buka pada
tahun 2005 oleh pimpinan cabang Aisyiyah Sungguminasa Dra. Hj. Musdalifah Wahab
(ketua pimpinan cabang) hasil musyawarah pimpinan cabang sungguminasa dan mengangkat
Kepala Madrasah atas nama Dra. Hj. Raodah (kepala madrasah yayasan) yang
bersifat non Denetif oleh KAKEMENAG PROV.SUL-SEL. Kemudian pada tanggal 31 juli
2011 dilantik (didefenitifkan) Kepala Madrasah resmi atas rekomendasi pimpinan
cabang Aisyiyah dan gedung pada saat itu masih mengikut pada MTS .Aisyiyah.
Adapun nama yang menjabat sebagai kepala Madrasah mulai pada awal berdirinya
sekolah hingga saat ini adalah Dra. Hj. Raodah, MA.
2.
Fasilitas Sekolah
Fasilitas sekolah adalah sarana dan
prasarana yang dapat membantu proses belajar mengajar disekolah. Namun, tidak
semua sekolah memiliki fasilitas yang lengkap begitu pula fasilitas sekolah
yang berada di MA Aisyiyah Sungguminasa. Sekolah ini belum memiliki fasilitas
sekolah yang memadai dan mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar yang
kondusif. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya ruangan untuk belajar serta
ruangan lain seperti perpustakaan dan laboratorium dimana keduanya bukanlah
milik pribadi melainkan milik bersama dengan SMP dan MTs Aisyiyah. Adapun
ruangan yang dimiliki selain ruangan belajar antara lain: ruangan tata usaha,
ruangan guru, ruangan kepala sekolah, mushollah serta aula dan kamar kecil.
Meskipun ruangan belajar sedikit tapi, siswa juga diberi fasilitas dalam
ruangan belajar berupa kipas angin. Kelengkapan fasilitas belajar secara
terus-menerus ditingkatkan, dibenahi, dan dilengkapi mengingat bahwa hal
tersebut sangat menunjang pencapaian proses belajar mengajar disekolah. Adapun
data fasilitas yang dimiliki yaitu sebagai berikut:
Ø Data Ruang Sekolah dan Lainnya
No.
|
Jenis Ruang
|
Jumlah Ruang
|
Kondisi Ruang
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||
1
|
Ruang
Kelas
|
6
|
6
|
-
|
-
|
2
|
Ruang
Kepala Madrasah
|
1
|
1
|
-
|
-
|
3
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
1
|
-
|
-
|
4
|
Ruang
Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
5
|
Perpustakaan
|
1
|
1
|
-
|
-
|
6
|
Mushola
|
1
|
1
|
-
|
-
|
7
|
Kamar
Mandi Siswa
|
1
|
1
|
-
|
-
|
8
|
Kamar
Mandi Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
9
|
Aula
|
1
|
1
|
-
|
-
|
10
|
Gudang
|
1
|
1
|
-
|
-
|
3.
Keadaan Siswa
a.
Penerimaan Siswa Baru
Pada sekolah menengah atas yaitu MA Aisyiyah
Sungguminasa setiap tahun ajaran baru melakukan menerimaan siswa baru sejak berdiri
pada tahun 2005 sampai sekarang. Penerimaan siswa baru di adakan mulai bulan
Mei sampai bulan Juli dengan tesmasuk yakni tes tertulis dan tes membaca ayat suci
al-qur’an. Calon siswa yang mendaftar dikatakan diterima masuk di MA. Aisyiyah Sungguminasa
jika lulus dari kedua tes tersebut kemudian melakukan pendaftaran ulang.
b.
Proses Kenaikan Kelas
Proses kenaikan kelas di MA Aisyiyah Sungguminasa
didasarkan pada penilaian hasil belajar siswa selama dua semester, dengan syarat
bahwa nilai setiap siswa harus tuntas
yang dalam hal ini harus mencapai KKM yang ditetapkan pada tiap mata pelajaran,
siswa yang belum mencapai KKM harus mengikuti pembelajaran remidi. Kenaikan kelas di MA Aisyiyah Sungguminasa menggunakan
sistem Kelas Tuntas (KT), dimana apabila nilai siswa dapat mencapai standar KKM
dan semua nilainya tuntas maka siswa dinyatakan naik kelas, dan apabila siswa
tidak naik kelas maka harus mengulang seluruh mata pelajaran ditingkat
tersebut. Berikut beberapa kriteria yang menunjang siswa untuk naik kelas
diantarannya adalah :
1)
Aktif mengikuti
pembelajaran selama 2 semester.
2)
Maksimal
ketidakhadiran 15% dari total jumlah tatap muka.
Kehadiran siswa harus
mencapai 85%. Oleh karena itu, siswa yang kehadirannya kurang dari 85% maka
akan dipertimbangkan untuk naik kelas.
3)
Nilai sikap
minimal B.
Beberapa sikap yang
harus dimilki oleh siswa agar mampu memenuhi syarat untuk naik kelas, yaitru
sopan dansantun, peduli, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan cinta damai.
4)
Nilai ketuntasan
mata pelajaran.
Semua mata pelajaran
yang diprogramkan selama 2 semester harus diatas kriteria ketuntasan minimal
(KKM).
c.
Waktu Belajar
Umumnya waktu belajar di sekolah MA Aisyiyah
Sungguminasa dimulai sejak pukul 07:15. Namun jam pulangnya berbeda beda. Pada
hari senin jam pelajaran dimulai pada pukul 08:00 hingga pukul 14:00 hal ini
dikarenakan setiap hari senin diadakan upacara bendera. Pada hari selasa dan
rabu, jam pelajaran dimulai pukul 07:15 hinggal pukul 13:45 sedangkan pada hari
kamis, waktu belajar hingga pukul 14:00. Waktu yang paling singkat untuk
belajar adalah pada hari jum’at yaitu hingga pukul 11:15 dan pada hari sabtu
para siswa belajar hingga pukul 14:30.
d.
Jumlah Siswa
Jumlah siswa di MA Aisyiyah Sungguminasa sebanyak
104 orang, dengan perincian sebagai berikut :
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
|
X
|
IPA
|
15 Orang
|
IPS
|
21 Orang
|
|
XI
|
IPA
|
16 Orang
|
IPS
|
23 Orang
|
|
XII
|
IPA
|
5 Orang
|
IPS
|
24 Orang
|
|
Jumlah Total Siswa
|
104 Orang
|
4.
Personil Sekolah
MA
Aisyiyah Sungguminasa dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan dibantu oleh
wakil kepala sekolah, guru, dan pegawai tata usaha, security yang bertugas
menjaga keamanan baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, serta petugas
kebersihan yang bertugas menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.
Jumlah
Guru / Staf
|
Jumlah
|
Guru
Tetap (PNS/Yayasan)
|
18 Orang
|
Guru
Tidak Tetap/Guru Bantu
|
-
|
Guru
PNS Dipekerjakan (DPK)
|
-
|
Staf
Tata Usaha
|
2 Orang
|
a.
Guru
Berikut ini adalah nama-nama guru yang mengajar di
MA Aisyiyah Sungguminasa :
NO.
|
N A M A
|
J A B A T A N
|
ALAMAT RUMAH
|
1
|
Dra. Raodah, MA
|
Kepala Madrasah/ Guru Mapel Fisika
|
Jl. Bontoduri VI, No. 40, Makassar
|
2
|
Dra. Rosmawati
|
Guru Mapel Fikih /Al-Quran Hadist
|
BTN Aura Blok 14/3
|
3
|
Dra. Sahariah
|
Guru Mapel Akidah Akhlak
|
Jl. Anditonro
|
4
|
Darmawati, SE
|
Guru Mapel Sejarah / Ekonomi
|
BTN Aura Blok F1/14
|
5
|
Suhana, S.Pd
|
Guru Mapel Bahasa Indonesia
|
Jl. Manggurupi, Pao-pao
|
6
|
Nurhikmah, S.Pd., M.Pd
|
Guru Mapel Geografi
|
Mannuruki IX Lorong 1 No.2
|
7
|
Anugrah Alamsyah,S.Pd
|
Guru Mapel Penjasorkes
|
BTN Minasa Upa Blok B8/14
|
8
|
Sri Santi Wahyuni, S.Pd
|
Guru Mapel Matematika
|
Jl. Abd Muttalib Dg. Narang No.24
|
9
|
Sahari, S.Pd.I
|
Guru Mapel Kemuhammadiyaan
|
Pekanglabbu, Kecematan Palangga
|
10
|
Binarti, S.Pd
|
Guru Mapel Seni Budaya
|
Rappokaleleng
|
11
|
Nasriah, S.Pd
|
Guru Mapel Bahasa Indonesia
|
Desa Kanjilo, Tanggala
|
12
|
Suwarsi, S.Pd
|
Guru Mapel Bahasa Inggris
|
Jl. Abd Muttalib Dg. Narang, Pao-Pao
|
13
|
Sastrawati, S.Pd
|
Guru Mapel Fisika
|
Bontojalling, Desa Taeng
|
14
|
Nurhayati, S.Pd
|
Guru Mapel Sosiologi
|
BTN Amalia Residance Blok E1 No. 07
|
15
|
Nurhalima, S.Pd
|
Guru Mapel Biologi
|
Perm. Green Cakra Blok I No.24
|
16
|
Suninggar, S.Pd., M.A
|
Guru Mapel Bahasa Arab
|
|
17
|
Aripuddin, S.Pd.I
|
Guru Mapel Kemuhammadiyahan
|
|
18
|
Fitriani, S.Pd.I
|
Guru Mapel Sejarah Kebudayaan Islam
|
|
19
|
Azmaerani Rifka Ansyarif
|
Guru Mapel Kimia
|
b.
Staff
Jumlah tenaga kependidikan (pegawai tata usaha) di
Jumlah tenaga kependidikan (pegawai tata usaha) di MA Aisyiyah
Sungguminasa sebanyak 2 orang yaitu :
NO.
|
N A M A
|
J A B A T A N
|
ALAMAT RUMAH
|
1
|
Syahril, SE
|
Tata Usaha
|
BTN Bumi Taeng Permai B2/8
|
2
|
Nurfitriani Samsul, S.Pd.I.
|
Tata Usaha
|
c.
Keamanan
Agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung
dengan baik dan tertib, setiap sekolah membutuhkan tenaga yang bertugas untuk
menjaga dan mengatur keamanan dan ketertiban lingkungan sekolah. Begitupun di
MA Aisyiyah Sungguminasa memiliki penjaga keamanan yang berjumlah 1 orang yang
bernama Pak Sohopi. Pak Sohopi bertugas menjaga pintu gerbang sekolah dan
sesekali mengawasi berkeliling di lingkungan sekolah.
PELAKSANAAN DAN
PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
A.
Ulasan Bidang Studi
1.
Persiapan Perangkat Pembelajaran
Sebelum mempersiapkan
perangkat pembelajaran, mahasiswa magang 3 melakukan kegiatan observasi
disekolah, termasuk mengamati proses pembelajaran dengan memperhatikan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
merupakan panduan kegiatan guru dalam kegiatan pembelajaran sekaligus uraian
kegiatan siswa yang berhubungan dengan kegiatan guru yang dimaksudkan. RPP
dibuat untuk memudahkaan dan membuat proses pembelajaran lebih terarah. Dalam
pembuatan RPP, kita harus berpatokkan pada kurikulum yang berlaku atau yang
ditetapkan disekolah yaitu Kurikulum 2013 atau yang lebih sering disebut K13.
Penyusunan perangkat pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan hal
yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa magang 3 sebelum melakukan proses belajar mengajar
dikelas. Penyusunan tersebut harus berpatokan dengan kurikulum dan silabus yang
ditetapkan oleh pihak sekolah. Setelah perangkat pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibuat,
dan memenuhi standar pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku maka
mahasiswa magang 3 bisa menerapkannya didalam proses belajar mengajar.
10
|
2.
Masalah Proses
Pelaksanaan
magang 3 di sekolah MA Aisyiyah Sungguminasa tentunya tak luput dari hambatan
ataupun kendala, seperti halnya saat proses pembelajaran dikelas. Menghadapi
karakter siswa yang berbeda beda, kurang lengkapnya fasilitas buku untuk para
peserta didik,dan kondisi ruangan yang kurang memadai.
Masalah
lainnya atau masalah umum yang dihadapi oleh mahasiswa magang 3 adalah rendahnya minat atau motivasi belajar
sebagian siswa, sehingga kami harus lebih berusaha lagi untuk menaikkan
semangat dan minat belajar siswa dengan keterampilan menggunakan variasi
belajar yang dapat menciptakan suasana keakraban antar siswa, sehingga kerja
sama antar siswa dapat terjalin dengan sendirinya karena peserta didik sangat
cepat berada pada tahap titik jenuh untuk belajar.
3.
Partisipasi dan Adaptasi Sekolah
Partisipasi,
dari segi etimologis merupakan pinjaman dari bahasa Belanda “participate” atau
dari bahasa Inggris yaitu “participation “ (Sukanto,1983) dalam bahasa Latin
disebut “Participatio” yang berasal dari kata kerja “partipare” yang berarti
ikut serta. Menurut Sastropoetro (1995,11) Partisipasi adalah keikutsertaan ,
peran serta atau keterlibatan yang berkaitan dengan keadaan lahiriahnya.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa partisipasi adalah keikutsertaan atau
keterlibatan dalam mengikuti suatu kegiatan.
Selama
melaksanakan magang 3, kami selalu ikut
berpartisipasi dalam segala hal kegiatan disekolah. Partisipasi yang dilakukan
yaitu ikut dalam hal mengajar menggantikan guru-guru di sekolah yang tidak
sempat masuk mengajar karena sesuatu hal, sehingga kelas tidak kosong dan siswa
tidak berkeliaran, serta membantu siswa latihan upacara bendera agar
pelaksanaan upacara lebih baik dari yang sebelumnya. Selain itu mahasiswa
Magang 3 juga berpartisipasi membersihkan sekolah dengan melakukan kegiatan
bakti sosial, memungut sampah, serta membersihkan aula.
Adaptasi
berasal dari bahasa Latin yaitu adaptare yang berarti menyesuaikan. Proses
adaptasi disekolah tidak terbilang mudah, dan juga tidak sulit. Hal ini
dikarenakan semua yang berada dilingkungan sekolah merupakan hal yang asing, mulai
dari teman magang 3 itu sendiri, lingungan sekolah, guru-guru dan para siswa.
Penyesuaian diri dimulai dari saling mengenal antar teman magang 3, menjalin
hubungan yang baik kepada Kepala Sekolah, guru guru dan staf staf kemudian
menjalin keakraban bersama siswa-siswa. Dalam hal meningkatkan keakraban antara
mahasiswa Magang 3 dengan para guru, maka setiap kegiatan yang dilakukan oleh
sekolah, mahasiswa Magang 3 selalu ikut aktif dalam acara tersebut. Misalnya,
pada hari senin mengikuti upacara penaikan bendera, serta acara lainnya yang
diadakan di sekolah.
B.
Bimbingan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
1.
Kegiatan Latihan Megajar
Latihan
mengajar merupakan tujuan utama
pelaksanaan magang 3. Sebagai mahasiswa yang masih berstatus calon guru maka
kami harus menjalani latihan mengajar, sehingga saat menjadi seorang guru akan
dapat menempatkan dan memposisikan dirinya menjadi guru yang baik, berakhlakul
karimah, dan profesional. Sebagai inti dari kegiatan Magang 3 ini, maka
kegiatan latihan mengajar ini memerlukan banyak persiapan ,mulai dari persiapan
fisik, mental maupun kesiapan dalam hal perencanaan pelaksanaan pembelajaran
dan konsultasi dalam pembuatan perangkat pembelajaran. Selain
persiapan perangkat pembelajaran, mahasiswa juga perlu menguasai materi
pelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa agar tidak mengalami kendala saat
pembelajaran berlangsung. Namun, penguasaan materi tidaklah cukup jika
komunikasi kepada siswa terhambat, karena komunikasi adalah cara untuk
menyampaikan materi kepada siswa, oleh
karena itu menjalin komunikasi yang baik sangat diperlukan. Selama proses
pembelajaran kami yang bertindak sebagai model harus memperhatikan penampilan,
mulai dari berpakaian yang rapi dan sopan, berperilaku yang baik dan mampu
menarik dan mengarahkan pembelajaran dengan sebaik mungkin sehingga siswa akan
tertarik dalam mengikuti pelajaran.
Proses
bimbingan yang dilakukan oleh guru pamong dan dosen tutor merupakan faktor yang
berperan penting dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar bagi mahasiswa magang 3. Sebelum dan Setelah Prosess belajar mengajar
baik itu guru pamong dan dosen pembimbing memberikan saran dan masukan, berupa
metode pembelajaran yang sesuai, cara penyampaian materi yang baik dan juga
cara pemberian tugas tugas ke siswa.
2.
Kegiatan Pendidikan Lainnya
Pelaksanaan Magang 3 di MA Aisyiyah Sungguminasa selain kegiatan mengajar
atau teaching dikenal pula adanya
kegiatan non-mengajar atau non teaching.
Kegiatan non teaching meliputi :
No
|
HARI/TANGGAL
|
HARI
|
TEMPAT
|
PARAF G.PAMONG
|
1.
|
Selasa, 26 September
2017
|
Serah terima mahasiswa
MAGANG 3 oleh pihak kampus dan sekolah
|
Ruangan Kelas
Belajar
|
|
2.
|
Rabu, 27 September 2017
|
Pertemuan dengan guru pamong
membahas mengenai pembelajaran dan RPP
|
Ruang Guru
|
|
3.
|
Rabu, 27 September 2017
|
Rapat pembentukan
koordinator lapangan oleh mahasiswa MAGANG
|
Di sekolah
|
|
4.
|
Minggu, 12 November 2017
|
Baksos
|
Di Sekolah
|
|
5.
|
Tiap Hari Senin
|
Upacara Bendera
|
Lapangan sekolah
|
|
6.
|
Senin, 27 November 2017
|
Penarikan mahasiswa magang 3 UNISMUH Makassar
|
Aula
|
C.
Kegiatan Penanggulangan Masalah
1.
Proses Belajar Mengajar
Dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan
(PPL) atau Magang 3, ada beberapa hambatan atau kendala yang dihadapi, salah
satunya adalah saat pertama kali tampil
di depan kelas, terlebih pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung
dikelas X. Rasa gugup dan kurang percaya diri sering muncul dan membuat kami tidak
maksimal dalam menyampaikan materi. Namun setiap masalah-masalah tersebut
diselesaikan dengan berkonsultasi kepada guru pamong dan dosen tutor dalam
rangka untuk mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Sebelum membawakan
materi didepan, adapun hal hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah :
a. Sebelum mengajar, terlebih dahulu membuat
perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP).
b. Menguasai materi yang akan diajarkan.
c. Menguasai metode yang sesuai dengan materi yang
diajarkan.
d. Menguasai kelas/ ruangan tempat mengajar agar
proses belajar mengajar dapat berlangsung tanpa hambatan.
2.
Penanggulangan Masalah Pendidikan Lainnya
Masalah
masalah yang terjadi di MA Aisyiyah Sungguminasa dapat diatasi karena adanya
kerja sama antara kepala sekolah, guru guru dan staff, serta seluruh personil
sekolah. Adapun masalah yang sering dihadapi adalah kedisiplinan. Terdapat
beberapa siswa yang masih sering terlambat datang ke sekolah, maka pihak
sekolah yaitu guru BK (Bimbingan Konseling) bersama Pembina Osis bekerja sama
untuk mengambil langkah yang tegas terhadap siswa yang masih sering datang
terlambat, untuk langkah awal mereka mencatat setiap nama siswa yang datang
terlambat kemudian memberikan teguran yang sifatnya pribadi didalam ruang guru,
dengan menanyai alasan mendasar apa yang membuat mereka datang telambat.
Adapun
masalah yang dihadapi mahasiswa magang 3 adalah kurangnya fasilitas sekolah
yang membuat kami mengalami sedikit kesulitan dalam proses belajar, seperti
belum tersedianya buku paket, keadaan kelas yang kurang memadai sehingga
membuat proses belajar mengajar kurang efektif. Namun, masalah tersebut dapat
kami atasi atas saran dari guru pamong yang banyak membantu dalam hal
memberikan bimbingan berupa saran yang sifatnya sangat membangun, selain itu
adanya perhatian perhatian dari guru guru lain membuat kami lebih termotivasi.
3.
Latihan Mengajar
Kegiatan ini merupakan kegiatan inti dari seluruh proses kegiatan magang
3. Sebelum melakukan latihan mengajar, mahasiswa magang 3 melakukan observasi
terlebih dahulu, seperti mengamati keadaan sekolah, lingkunga, sarana
prasarana, hingga pada proses belajar mengajar. Mengamati proses pembelajaran
adalah hal yang paling penting, kami harus fokus melihat bagaimana cara guru menyampaikan
materi dan menarik minat siswa dalam belajar.
Sebelum memasuki tahap
latihan mengajar mahasiswa magang 3 harus membuat rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru
pamong dengan mengacu pada silabus yang diberikan. Tujuan pembuatan RPP adalah
agar proses pembelajaran lebih terarah dan terkontrol. Sebagai mahasiswa magang 3 yang dalam hal ini kita akan memegang
sepenuhnya kelas yang telah ditentukan oleh guru pamong. Dan tentu saja menjadi
hal yang lumrah jika masih di temukan berbagai masalah dan kendala ketika dalam
proses belajar mengajar didalam kelas.. Ketika kita masih menemukan berbagai
masalah dan kendala dalam latihan mengajar terutama didalam kelas maka kita
harus pintar-pintar memilih strategi, model, dan metode pembelajaran yang
sesuai dengan keadaan didalam kelas yang dipegang dan juga salah satu cara
untuk memperbaiki kesalahan mengajar adalah belajar dari pengalaman sebelumnya
dan melakukan konsultasi kepada yang lebih berpengalaman dalam hal ini adalah
guru pamong dan dosen pembimbing.
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasarkan hasil magang 3 yang di lakukan selama dua bulan di MA
Aisyiyah Sungguminasa, maka kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut :
1.
Pelaksanaan
Magang 3 merupakan salah satu cara untuk melatih calon pendidik tidak hanya dalam
latihan mengajar maupun tugas kependidikan
lainnya melainkan dalam hal memahami karakter setiap peserta didk yang berbeda
beda agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi untuk
pembentukan guru sebagai tenaga pendidik yang professional
2.
Madrasah Aliyah Aisyiyah Sungguminasa yang menjadi tempat pelaksanaan
magang 3 berdiri pada tahun 2005 oleh pimpinan cabang Aisyiyah Sungguminasa
Dra. Hj. Musdalifah Wahab (ketua pimpinan cabang) berdasarkan hasil
musyawarah pimpinan cabang sungguminasa
dan mengangkat kepala Madrasah atas nama Dra. Hj. Raodah (Kepala Madrasah
yayasan ).
3.
Selama pelaksanaan magang 3, di MA Aisyiyah Sungguminasa kami telah
banyak memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bisa dijadikan acuan
untuk kedepannya agar menjadi calon pendidik di masa yang akan datang.
B.
Saran
1.
Selama
pelaksanaan magang 3, pada minggu pertama kami diberi waktu untuk melakukan
observasi. Sebaiknya dalam
melaksanakan kegiatan observasi dan orientasi, mahasiswa Magang 3 dapat
memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga saat pelaksanaan
proses belajar sesuai dengan yang diharapkan.
16
|
2.
Sebelum
melakukan proses belajar mengajar dikelas, mahasiswa magang 3 diharapkan
mempersiapkan diri baik itu berupa fisik dan mental, materi dan metode yang
akan digunakan agar materi yang disampaikan dapat lebih mudah diterima oleh
peserta didik.
3.
Kepada panitia pelaksana Magang 3, sekiranya
mengadakan pemantauan di sekolah tempat Magang agar dapat mengetahui keadaan mahasiswa yang melaksanakan Magang 3.
4.
Bagi mahasiswa Magang 3, hendaknya menjalin
komunikasi yang baik dengan dosen tutor dan guru pamong selaku
pembimbing di sekolah, sehingga setiap kendala yang ada selama proses belajar
mengajar berlangsung dapat diatasi secara bersama.
Dokumentasi. Data Administrasi MA Aisyiyah
Sungguminasa. Tahun ajaran 2016/2017.
Tim Penyusun. 2016. Buku Panduan MAGANG
3.Makassar : FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
Purwanto.
2009. Evaluasi
Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
18
|
Post a Comment for "laporan magang 3"