Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Program MBS di Sekolah |
|
|
|
|
|
A. Manajemen Sekolah |
|
Isikan
skor sesuai dengan hasil pengamatan
pada pilihan jawaban |
|
Skor & Metode Verifikasi |
|
|
No. |
Aspek
Pengamatan |
Pilhan jawaban |
Skor |
Metode
Verifikasi |
|
1 |
Apakah sekolah memiliki visi dan misi? |
3 |
Ya,
tertulis, dipajang dan sesuai dengan kondisi sekolah |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah dan telaah dokumen |
|
2 |
Ya, tertulis dan dipajang tetapi
tidak sesuai dengan kondisi sekolah |
|
1 |
Ya, tetapi tidak dipajang dan
atau terdokumentasi |
|
0 |
Tidak |
|
2 |
Apakah visi dan misi sekolah disusun bersama
pemangku kepentingan? |
3 |
Ya,disusun
bersama pemangku kepentingan (KS, guru, dan komite sekolah) |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah, Komite Sekolah
dan guru, dan telaah dokumen |
|
2 |
Ya, disusun oleh kepala sekolah
dan guru |
|
1 |
Ya, disusun oleh kepala sekolah
atau guru |
|
0 |
Tidak |
|
3 |
Apakah semua warga sekolah (kepala sekolah,
guru, dan komite sekolah) mengetahui garis besar visi dan misi sekolah? |
3 |
Semua warga
sekolah (kepala sekolah, semua guru, dan semua pengurus komite sekolah) tahu
dan memahami rumusan visi dan misi sekolah |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah, guru, dan komite
sekolah |
|
2 |
Kepala sekolah dan semua guru
tahu rumusan dan memahami rumusan visi dan misi sekolah |
|
1 |
Kepala sekolah dan sebagian guru
tahu rumusan dan memahami rumusan visi dan misi sekolah |
|
0 |
Hanya kepala sekolah yang
memahami rumusan visi dan misi sekolah |
|
4 |
Apakah
visi dan misi sekolah mudah diakses ? |
3 |
Mudah diakses
dari mana saja |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah, guru, dan komite
sekolah |
|
|
|
2 |
Ya, terpajang di satu tempat dan
mudah dibaca |
|
|
|
|
1 |
hanya dapat diakses secara
terbatas |
|
|
|
|
0 |
tidak bisa diakses |
|
|
5 |
Apakah sekolah memiliki RKS dan RKAS yang
sistematis dan selalu diperbaharui? |
3 |
Ya,
kerangkanya sistematis dan selalu diperbaharui setiap tahun |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah, dan dokumen RKS
& RKAS |
|
2 |
Ya, kerangkanya sistematis tapi
tidak diperbaharui setiap tahun |
|
1 |
Ya, tetapi kerangkanya tidak
sistematis dan tidak diperbaharui setiap tahun |
|
0 |
Tidak memiliki RKS dan RKAS |
|
6 |
Apakah RKS dan RKAS memuat tentang:
1) Pendidikan Ramah Anak; 2) Pendidikan inklusi; dan
3) Pendidikan Kecakapan Hidup |
3 |
RKS dan RKA
memuat ketiganya |
|
dokumen RKS & RKAS |
|
2 |
RKS dan RKA
hanya memuat dua dari tiga |
|
1 |
RKS dan RKA
hanya memuat satu dari tiga |
|
0 |
RKS dan RKA tidak memuat
ketiganya |
|
7 |
Apakah RKS memuat rencana pemeliharaan sekolah? |
3 |
Ya, dengan anggaran dan kegiatan
pemeliharaan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah |
|
RKS & RKAS |
|
2 |
Ya, dengan anggaran dan kegiatan
yang jelas tapi belum sesuai dengan kebutuhan sekolah |
|
1 |
Ya, tetapi anggaran dan kegiatan
tidak disebutkan dengan jelas |
|
0 |
Tidak ada |
|
8 |
Berapa prosen kah muatan RKS dan RKAS yang
digunakan sebagai acuan kegiatan penyelenggaraan sekolah? |
3 |
75-100% |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah, dan dokumen RKS
& RKAS |
|
2 |
50-74% |
|
1 |
25-49% |
|
0 |
kurang dari 25 % |
|
9 |
Berapa persenkah ketercapaian RKAS? |
3 |
75-100% |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah & RKAS |
|
2 |
50-74% |
|
1 |
25-49% |
|
0 |
kurang dari 25 % |
|
10 |
Adanya laporan
RKAS dan dapat diakses |
3 |
Laporan rutin ada dan
disampaikan ke pemangku kepentingan |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah & RKAS |
|
|
|
2 |
Laporan rutin dibuat tetapi
untuk kalangan terbatas |
|
|
|
|
1 |
Laporan rutin ada tetapi tidak
dapat diakses |
|
|
|
|
0 |
Tidak ada |
|
|
11 |
Apakah ada data inventaris sekolah dan bagaimana kondisinya? |
3 |
Ada dan diperbaharui secara
reguler dan sistematis |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah & dokumen
administrasi sekolah |
|
2 |
Ada dan diperbaharui secara
reguler tetapi tidak sistematis |
|
1 |
Ada tetapi tidak diperbaharui |
|
0 |
Tidak ada |
|
12 |
Apakah ada data ketenagaan dan siswa? |
3 |
Ada dan
diperbaharui secara reguler dan sistematis |
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah & dokumen
administrasi sekolah |
|
2 |
Ada dan diperbaharui secara
reguler tetapi tidak sistematis |
|
1 |
Ada tetapi tidak diperbaharui |
|
0 |
Tidak ada |
|
13 |
Apakah tersedia sumber air bersih yang cukup di
sekolah? |
3 |
Ya, tersedia,
bersih dan cukup untuk kebutuhan sekolah |
|
Pengamatan terhadap lingkungan & fasilitas
sekolah, dan wawancara dengan kepala sekolah dan atau guru |
|
2 |
Ya, tersedia, bersih tetapi
tidak cukup untuk kebutuhan sekolah |
|
1 |
Ya, tersedia, tetapi tidak
bersih atau tidak cukup untuk kebutuhan sekolah |
|
0 |
Tidak ada |
|
14 |
Apakah tersedia kamar kecil / toilet yang
berfungsi dengan jumlah yang cukup untuk siswa? |
3 |
Ya, toilet
berfungsi, tersedia dalam jumlah cukup, dan terpisah untuk siswa laki-laki
dan perempuan |
|
Pengamatan terhadap lingkungan & fasilitas
sekolah, dan wawancara dengan kepala sekolah dan atau guru dan murid |
|
2 |
Ya, toilet berfungsi, tersedia
dalam jumlah cukup, tetapi tidak
terpisah untuk siswa laki-laki dan perempuan |
|
1 |
Toilet berfungsi tetapi tidak
dalam jumlah cukup |
|
0 |
Tidak ada toilet atau toilet
tidak berfungsi |
|
15 |
Apakah tersedia bak sampah di sekolah? |
3 |
Ya, berfungsi
baik, dan terawat kebersihannya |
|
Pengamatan terhadap lingkungan dan fasilitas
sekolah |
|
2 |
Ya, berfungsi baik, tetapi
kurang terawat kebersihannya |
|
1 |
Ya, tetapi kurang berfungsi dan
kurang terawat kebersihannya |
|
0 |
Tidak ada |
|
16 |
Apakah sekolah memiliki area bermain untuk anak
diluar kelas? |
3 |
Ya, dengan area
yang aman, cukup memadai, dan bersih |
|
Pengamatan terhadap lingkungan dan fasilitas
sekolah |
|
2 |
Ya, dengan area yang aman dan
cukup memadai |
|
1 |
Ya, dengan area yang aman tetapi
tidak cukup memadai |
|
0 |
Tidak ada |
|
17 |
Apakah sekolah memiliki tata tertib kelas dan
bagaimana penyusunannya? |
3 |
Seluruh kelas
memiliki tata tertib yang disusun dan disepakati bersama oleh semua siswa dan
guru |
|
Pengamatan kelas dan wawancara dengan kepala
sekolah, guru dan murid |
|
2 |
Sebagian kelas memiliki tata
tertib yang disusun dan disepakati bersama oleh semua siswa dan guru |
|
1 |
Ada tata tertib kelas tetapi
disusun oleh guru secara sepihak |
|
0 |
Tidak memiliki |
|
18 |
Berapa persenkah warga sekolah yang mentaati
tata tertib? |
3 |
Semua atau
hampir semua (di atas 90%) |
|
Wawancara dengan kepala sekolah dan guru |
|
2 |
Sebagian besar (75-90%) |
|
1 |
Sebagian (50-74%) |
|
0 |
Sebagian kecil (kurang dari
50%) |
|
19 |
Berapa prosen-kah warga sekolah membuang sampah
pada tempatnya? |
3 |
Semua atau
hampir semua (di atas 90%) |
|
Wawancara dengan kepala sekolah, guru dan
bujang/petugas kebersihan sekolah |
|
2 |
Sebagian besar (75-90%) |
|
1 |
Sebagian (50-74%) |
|
0 |
Sebagian kecil (kurang dari
50%) |
|
20 |
Adakah perlakuan: 1)
kekerasan fisik;
2) emosional;
3) penelantaran di sekolah; 4) pelecehan
seksual. |
3 |
Tidak untuk
semua |
|
Wawancara dengan guru dan murid |
|
2 |
Ya, untuk 1 dan 2 |
|
1 |
Ya, untuk 1, 2, dan 3 |
|
0 |
Ya, untuk 4 dan atau kekerasan
berat lainnya |
|
21 |
Apakah sekolah menerapkan disiplin positif atau konsekuensi logis? |
3 |
Selalu, bentuk
pelanggaran ditanggapi dengan konsekuensi logis dan dicatat |
|
Wawancara dengan guru dan kepala sekolah |
|
2 |
Selalu, bentuk pelanggaran
ditanggapi dengan konsekuensi logis tetapi tidak dicatat |
|
1 |
Penerapan konsekuensi logis
kadang-kadang tidak sesuai dengan bentuk pelanggaran dan tidak dicatat |
|
0 |
Tidak menerapkan konsekuensi
logis |
|
22 |
Apakah kepala sekolah selalu meningkatkan
kemampuan profesionalnya? |
3 |
Ya, Kepala
Sekolah secara rutin terlibat dalam kegiatan KKKS dan selalu membagi
pengalamannya di sekolah dalam rangka pembinaan guru. |
|
Wawancara dengan kepala sekolah dan guru |
|
2 |
Ya, tetapi Kepala Sekolah tidak
secara rutin terlibat dalam kegiatan KKKS dan hasilnya jarang dipakai sebagai
bahan untuk pembinaan guru. |
|
1 |
Kepala Sekolah jarang terlibat
dalam kegiatan KKKS |
|
0 |
Kepala Sekolah tidak pernah
terlibat dalam kegiatan KKKS |
|
23 |
Apakah guru selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya? |
3 |
Semua guru terlibat aktif dalam
kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan PAKEM |
|
Wawancara dengan kepala sekolah dan guru |
|
2 |
Sebagian guru terlibat aktif
dalam kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan
PAKEM |
|
1 |
Guru-guru jarang mengikuti
kegiatan KKG, |
|
0 |
Guru-guru tidak pernah terlibat
dalam kegiatan KKG |
|
24 |
Apakah guru selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya? |
3 |
Semua guru terlibat aktif dalam
kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan PAKEM |
|
Wawancara dengan kepala sekolah dan guru |
|
2 |
Sebagian guru terlibat aktif
dalam kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan
PAKEM |
|
1 |
Guru-guru jarang mengikuti
kegiatan KKG, |
|
0 |
Guru-guru tidak pernah terlibat
dalam kegiatan KKG |
|
Post a Comment for "instrumen magang 1"