Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

instrumen magang 1

Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Program MBS di Sekolah
A. Manajemen Sekolah

Isikan skor  sesuai dengan hasil pengamatan pada pilihan jawaban 
Skor & Metode Verifikasi
No. Aspek Pengamatan Pilhan jawaban Skor Metode Verifikasi
1 Apakah sekolah memiliki visi dan misi? 3 Ya, tertulis, dipajang dan sesuai dengan kondisi sekolah Wawancara dengan Kepala Sekolah dan telaah dokumen
2 Ya, tertulis dan dipajang tetapi tidak sesuai dengan kondisi sekolah
1 Ya, tetapi tidak dipajang dan atau terdokumentasi
0 Tidak
2 Apakah visi dan misi sekolah disusun bersama pemangku kepentingan?  3 Ya,disusun bersama pemangku kepentingan (KS, guru, dan komite sekolah)  Wawancara dengan Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan guru, dan telaah dokumen
2 Ya, disusun oleh kepala sekolah dan guru
1 Ya, disusun oleh kepala sekolah atau guru
0 Tidak
3 Apakah semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, dan komite sekolah) mengetahui garis besar visi dan misi sekolah? 3 Semua warga sekolah (kepala sekolah, semua guru, dan semua pengurus komite sekolah) tahu dan memahami rumusan visi dan misi sekolah Wawancara dengan Kepala Sekolah, guru, dan komite sekolah
2 Kepala sekolah dan semua guru tahu rumusan dan memahami rumusan visi dan misi sekolah
1 Kepala sekolah dan sebagian guru tahu rumusan dan memahami rumusan visi dan misi sekolah
0 Hanya kepala sekolah yang memahami rumusan visi dan misi sekolah
4 Apakah visi dan misi sekolah mudah diakses ?  3 Mudah diakses dari mana saja Wawancara dengan Kepala Sekolah, guru, dan komite sekolah
2 Ya, terpajang di satu tempat dan mudah dibaca
1 hanya dapat diakses secara terbatas
0 tidak bisa diakses
5 Apakah sekolah memiliki RKS dan RKAS yang sistematis dan selalu diperbaharui? 3 Ya, kerangkanya sistematis dan selalu diperbaharui setiap tahun Wawancara dengan Kepala Sekolah, dan dokumen RKS & RKAS
2 Ya, kerangkanya sistematis tapi tidak diperbaharui setiap tahun
1 Ya, tetapi kerangkanya tidak sistematis dan tidak diperbaharui setiap tahun
0 Tidak memiliki RKS dan RKAS
6 Apakah RKS dan RKAS memuat tentang:                                                                  1) Pendidikan Ramah Anak; 2) Pendidikan inklusi; dan                                                          3) Pendidikan Kecakapan Hidup 3 RKS dan RKA memuat ketiganya dokumen RKS & RKAS
2 RKS dan RKA hanya memuat dua dari tiga
1 RKS dan RKA hanya memuat satu dari tiga
0 RKS dan RKA tidak memuat ketiganya
7 Apakah RKS memuat rencana pemeliharaan sekolah? 3 Ya, dengan anggaran dan kegiatan pemeliharaan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah RKS & RKAS
2 Ya, dengan anggaran dan kegiatan yang jelas tapi belum sesuai dengan kebutuhan sekolah
1 Ya, tetapi anggaran dan kegiatan tidak disebutkan dengan jelas
0 Tidak ada
8 Berapa prosen kah muatan RKS dan RKAS yang digunakan sebagai acuan kegiatan penyelenggaraan sekolah? 3 75-100% Wawancara dengan Kepala Sekolah, dan dokumen RKS & RKAS
2 50-74%
1 25-49%
0 kurang dari 25 %
9 Berapa persenkah ketercapaian RKAS?  3 75-100% Wawancara dengan Kepala Sekolah & RKAS
2 50-74%
1 25-49%
0 kurang dari 25 %
10 Adanya laporan RKAS dan dapat diakses 3 Laporan rutin ada dan disampaikan ke pemangku kepentingan Wawancara dengan Kepala Sekolah & RKAS
2 Laporan rutin dibuat tetapi untuk kalangan terbatas
1 Laporan rutin ada tetapi tidak dapat diakses
0 Tidak ada
11 Apakah ada data inventaris sekolah dan bagaimana kondisinya? 3 Ada dan diperbaharui secara reguler dan sistematis Wawancara dengan Kepala Sekolah & dokumen administrasi sekolah
2 Ada dan diperbaharui secara reguler tetapi tidak sistematis
1 Ada tetapi tidak diperbaharui
0 Tidak ada
12 Apakah ada data ketenagaan dan siswa? 3 Ada dan diperbaharui secara reguler dan sistematis Wawancara dengan Kepala Sekolah & dokumen administrasi sekolah
2 Ada dan diperbaharui secara reguler tetapi tidak sistematis
1 Ada tetapi tidak diperbaharui
0 Tidak ada
13 Apakah tersedia sumber air bersih yang cukup di sekolah? 3 Ya, tersedia, bersih dan cukup untuk kebutuhan sekolah Pengamatan terhadap lingkungan & fasilitas sekolah, dan wawancara dengan kepala sekolah dan atau guru
2 Ya, tersedia, bersih tetapi tidak cukup untuk kebutuhan sekolah
1 Ya, tersedia, tetapi tidak bersih atau tidak cukup untuk kebutuhan sekolah
0 Tidak ada
14 Apakah tersedia kamar kecil / toilet yang berfungsi dengan jumlah yang cukup untuk siswa? 3 Ya, toilet berfungsi, tersedia dalam jumlah cukup, dan terpisah untuk siswa laki-laki dan perempuan Pengamatan terhadap lingkungan & fasilitas sekolah, dan wawancara dengan kepala sekolah dan atau guru dan murid
2 Ya, toilet berfungsi, tersedia dalam jumlah cukup, tetapi tidak  terpisah untuk siswa laki-laki dan perempuan
1 Toilet berfungsi tetapi tidak dalam jumlah cukup
0 Tidak ada toilet atau toilet tidak berfungsi
15 Apakah tersedia bak sampah di sekolah? 3 Ya, berfungsi baik, dan terawat kebersihannya Pengamatan terhadap lingkungan dan fasilitas sekolah
2 Ya, berfungsi baik, tetapi kurang terawat kebersihannya
1 Ya, tetapi kurang berfungsi dan kurang terawat kebersihannya
0 Tidak ada
16 Apakah sekolah memiliki area bermain untuk anak diluar kelas? 3 Ya, dengan area yang aman, cukup memadai, dan bersih Pengamatan terhadap lingkungan dan fasilitas sekolah
2 Ya, dengan area yang aman dan cukup memadai
1 Ya, dengan area yang aman tetapi tidak cukup memadai
0 Tidak ada
17 Apakah sekolah memiliki tata tertib kelas dan bagaimana penyusunannya? 3 Seluruh kelas memiliki tata tertib yang disusun dan disepakati bersama oleh semua siswa dan guru Pengamatan kelas dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan murid
2 Sebagian kelas memiliki tata tertib yang disusun dan disepakati bersama oleh semua siswa dan guru
1 Ada tata tertib kelas tetapi disusun oleh guru secara sepihak
0 Tidak memiliki
18 Berapa persenkah warga sekolah yang mentaati tata tertib? 3 Semua atau hampir semua (di atas 90%) Wawancara dengan kepala sekolah dan guru
2 Sebagian besar (75-90%)
1 Sebagian (50-74%) 
0 Sebagian kecil (kurang dari 50%) 
19 Berapa prosen-kah warga sekolah membuang sampah pada tempatnya? 3 Semua atau hampir semua (di atas 90%) Wawancara dengan kepala sekolah, guru dan bujang/petugas kebersihan sekolah
2 Sebagian besar (75-90%)
1 Sebagian (50-74%) 
0 Sebagian kecil (kurang dari 50%) 
20 Adakah perlakuan:                                        1) kekerasan fisik;                              2) emosional;                                                   3) penelantaran di sekolah;                                4) pelecehan seksual. 3 Tidak untuk semua Wawancara dengan guru dan murid
2 Ya, untuk 1 dan 2
1 Ya, untuk 1, 2, dan 3 
0 Ya, untuk 4 dan atau kekerasan berat lainnya
21 Apakah sekolah menerapkan disiplin positif  atau konsekuensi logis? 3 Selalu, bentuk pelanggaran ditanggapi dengan konsekuensi logis dan dicatat Wawancara dengan guru dan kepala sekolah
2 Selalu, bentuk pelanggaran ditanggapi dengan konsekuensi logis tetapi tidak dicatat
1 Penerapan konsekuensi logis kadang-kadang tidak sesuai dengan bentuk pelanggaran dan tidak dicatat
0 Tidak menerapkan konsekuensi logis
22 Apakah kepala sekolah selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya? 3 Ya, Kepala Sekolah secara rutin terlibat dalam kegiatan KKKS dan selalu membagi pengalamannya di sekolah dalam rangka pembinaan guru. Wawancara dengan kepala sekolah dan guru
2 Ya, tetapi Kepala Sekolah tidak secara rutin terlibat dalam kegiatan KKKS dan hasilnya jarang dipakai sebagai bahan untuk pembinaan guru.
1 Kepala Sekolah jarang terlibat dalam kegiatan KKKS 
0 Kepala Sekolah tidak pernah terlibat dalam kegiatan KKKS 
23 Apakah guru selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya? 3 Semua guru terlibat aktif dalam kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan PAKEM Wawancara dengan kepala sekolah dan guru
2 Sebagian guru terlibat aktif dalam kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan PAKEM
1 Guru-guru jarang mengikuti kegiatan KKG,
0 Guru-guru tidak pernah terlibat dalam kegiatan KKG 
24 Apakah guru selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya? 3 Semua guru terlibat aktif dalam kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan PAKEM Wawancara dengan kepala sekolah dan guru
2 Sebagian guru terlibat aktif dalam kegiatan rutin KKG serta melaksanakan semua hasilnya untuk peningkatan PAKEM
1 Guru-guru jarang mengikuti kegiatan KKG,
0 Guru-guru tidak pernah terlibat dalam kegiatan KKG 

Post a Comment for "instrumen magang 1"