laporan magang 2
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Visi
Misi Sekolah
Segala sesuatu di dunia
ini tentunya memiliki maksud dan tujuan tertentu. Termasuk pendidikan khususnya
sekolah yang menjadi harapan terkuat negeri ini. Dalam pencapaian tersebut,
tentunya haruslah sesuai dengan visi dan misi dari tiap-tiap sekolah. SMA Negeri 1 Sampaga memiliki Visi dan Misi
yang ingin diwujudkan dalam pengembangan pendidikan yang lebih maju. Visi dan
Misi sekolah disusun bersama pemangku kepentingan sekolah diantaranya Kepala
sekolah, Guru, dan Komite sekolah. Semua pengurus sekolah tahu dan memahami
rumusan Visi dan Misi sekolah. Adapun Visi dan Misi SMA Negeri 1 Sampaga adalah sebagai
berikut:
1. Visi
Sekolah
“UNGGUL DALAM PRESTASI DENGAN MEMAKSIMALKAN DAYA,
DISIPLIN, JUJUR DALAM MENEGAKAN ATURAN, BERBUDAYA BERDASARKAN IMAN DAN TAKWA”
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah
yang:
a.
Beorentasi kedepan
dengan memperhatikan potensi kekinian
b.
Sesuai dengan norma
dan harapan masyarakat
c.
Ingin mencapai
keunggulan
d.
Mendorong adanya
perubahan yang lebih baik
2. Misi
Sekolah
“DISIPLIN DALAM KERJA MEWUJUDKAN MANJEMEN KEKELUARGAAN PELAYANAAN PRIMA DENGAN
MENINGKATKAN SILATURAHIM”
Penjabaran misi di atas meliputi:
a. Melaksanakan PSB (Penerimaan
Siswa Baru) yang transparan, akuntabel,
obyektif, sehingga terciptalah kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada
sekolah.
b. Melaksanakan disiplin aparatur, sehingga tercipta SDM
yang tangguh dan patuh terhadap berbagai aturan yang berlaku.
c. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif
sehingga setiap siswa bisa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang
dimilikinya.
d. Memberdayakan guru dan tenaga kependidikan lainnya,
sehingga menjadi guru dan pegawai profesional dan melaksanakan tugas.
e. Menyediakan dan menempatkan segala sarana dan prasarana
yang ada secara maksimal sehingga tercipta suasana pembelajaran yang cerdas dan
menyenangkan.
f. Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu
pengetahuan, teknologi dan
seni.
g. Menumbuhkan penghayatan terhadap budaya bangsa dan ajaran
agama yang dianut sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berahlak mulia.
h. Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, serta
beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Profil
Sekolah
SMA Negeri 1 Sampaga terletak di pedesaan,
tepatnya di Jl. Poros Bunde-Toabo,
desa Bunde, kecamatan Sampaga, kabupaten Mamuju Sul-Bar. Sekolah ini masih baru berdiri dan dinegerikan pada tahun 2006 oleh Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan RI. Memiliki
jarak ke pusat kecamatan 02
km dan jarak ke pusat otoda 75
km. Sekolah ini berdiri pada tahun 2006,
namun baru memiliki bangunan pada tahun 2010, dan saat
ini dipimpin oleh Sudirman, S.Pd., M.Pd.
1.
Identitas Sekolah
Nama sekolah : SMA Negeri 1 SAMPAGA
NSS : 301330108014
NPSN :
40604353
2. Alamat
Sekolah
Provinsi : Sulawesi Barat
Kabupaten : Mamuju
Kecamatan : Sampaga
Desa : Bunde
Alamat : JL.Poros Bunde-Toabo
Kode
Pos : 91561
E-Mail :
smansasampaga@gmail.com
3. Identitas
Kepala Sekolah
Nama :
Sudirman,
S.Pd., M.Pd
Pendidikan
Terakhir : Pendidikan Kewarganegaraan
Tempat : UNM
4.
Profil
Tamatan 3 Tahun Terakhir
Tahun
Pelajaran
|
Peserta Ujian
|
Rata-Rata NEM
|
Lanjut Ke PT
|
|||
Jumlah
|
% Kelulusan
|
Perolehan
|
Target
|
Jumlah
|
%
|
|
2014/2015
|
174
|
95
|
8,25
|
7,48
|
221
|
80,65
|
2015/2016
|
349
|
100
|
8,35
|
7,49
|
310
|
80,24
|
2016/2017
|
314
|
100
|
8,38
|
7,50
|
310
|
98,72
|
Tabel 1.1 Data Profil Tamatan 3 Tahun
Terakhir
(i)
Kualifikasi Guru
NO
|
NAMA/NIP/KARPEG
|
L/P
|
Agama
|
TEMPAT TANGGAL LAHIR
|
1
|
H. Sudirman, S.Pd., M.Pd
NIP. 19700101 199802 1 013
|
L
|
Islam
|
Tanrutedong,
01 Januari 1970
|
2
|
Mastura Kanda, S.Pd
NIP. 19701221 199403 2 003
|
P
|
Islam
|
Allu,
21 Desember 1971
|
3
|
Endah Wismawati, S.Pd
NIP. 19780420 200602 2 028
|
P
|
Islam
|
Banjar Negara,
20 Mei 1978
|
4
|
Aidawahyuni, S.Pd
NIP. 19850603 201001 2 014
|
P
|
Islam
|
Kandemeng,
03 Juni 1985
|
5
|
Yusi Darmayanti, S.Si
NIP. 19830704 200901 2 004
|
P
|
Islam
|
Lumajang,
04 Juli 1983
|
6
|
Lilik Setianingrum, S.Pd
NIP. 19870826 201503 2 001
|
P
|
Islam
|
Jawa Tengah,
26 Agustus 1987
|
7
|
Drs. Syamsuddin
NIP.
|
L
|
Islam
|
Pinrang, 1964
|
8
|
Ketut Merta, S.pd
NIP.
|
L
|
Islam
|
Bali, 08 Oktober 1982
|
9
|
Hj. Dahlia, S.Pdi
NIP.
|
P
|
Islam
|
Indomakombong, 1969
|
10
|
Darmawansah, S.Pd
NIP.
|
L
|
Islam
|
Tarailu,
10 Januari 1991
|
11
|
I Wayan Sumadi, S.PdH
NIP.
|
L
|
Islam
|
Bali, 19 Agustus 1981
|
12
|
Aswin, S.Pd
NIP.
|
L
|
Islam
|
Benteng,
12 Februari 1993
|
13
|
Fatahuddin, S.Pd
NIP.
|
L
|
Islam
|
Sengkang,
19 Maret 1990
|
14
|
Siti Herlina, S.Pd
NIP.
|
P
|
Islam
|
Polo Pangale,
07 Agustus 1990
|
15
|
Hj. Risnawati, S.Pd
NIP.
|
P
|
Islam
|
Wajo, 3 Mei 1985
|
16
|
Erni, S.Pd
NIP.
|
P
|
Islam
|
Locok, 20 Juli 1985
|
17
|
Asryani Ananta, S.Pd
NIP.
|
P
|
Islam
|
Sidomakmur, 27 Desember 1993
|
18
|
Mulyadi, S.Pd
NIP.
|
L
|
Islam
|
Mamuju, 12 Juni 1983
|
19
|
Akira, A.Ma.Pust
|
P
|
Islam
|
Bunde,
10 Oktober 1982
|
20
|
Umrah
NIP.
|
P
|
Islam
|
Sikendeng,
13 Januari 1993
|
Tabel 1.2 Data Tenaga Pendidik SMAN 1 Sampaga
NO
|
NAMA/NIP/KARPEG
|
Mata
Pelajaran Yang Diajarkan
|
Keterangan
Status
|
1
|
H. Sudirman, S.Pd., M.Pd
NIP. 19700101 199802 1 013
|
Pkn
|
Kepala
Sekolah
|
2
|
Mastura Kanda, S.Pd
NIP. 19701221 199403 2 003
|
Matematika
|
Kepala
Perpustakaan
|
3
|
Endah Wismawati, S.Pd
NIP. 19780420 200602 2 028
|
Pkn
|
Wakasek
Humas
|
4
|
Aidawahyuni, S.Pd
NIP. 19850603 201001 2 014
|
Matematika
|
Wakasek
Sarpras
|
5
|
Yusi Darmayanti, S.Si
NIP. 19830704 200901 2 004
|
Fisika/Kimia
|
Kep.
Lab Ipa
|
6
|
Lilik Setianingrum, S.Pd
NIP. 19870826 201503 2 001
|
Geografi
|
Wakasek
Kurikulum
|
7
|
Drs. Syamsuddin
NIP.
|
Sosiologi
|
Wakasek
Kesiswaan
|
8
|
Ketut Merta, S.pd
NIP.
|
Pkn/Sejarah /Mulok
|
GTT
|
9
|
Hj. Dahlia, S.Pdi
NIP.
|
Agama Islam
|
GTT
|
10
|
Darmawansah, S.Pd
NIP.
|
Bahasa Inggris/ Tik
|
GTT
|
11
|
I Wayan Sumadi, S.PdH
NIP.
|
Agama Hindu/ Seni Budaya
|
GTT
|
12
|
Aswin, S.Pd
NIP.
|
Penjaskes
|
GTT
|
13
|
Fatahuddin, S.Pd
NIP.
|
Bahasa Indonesia/ Bahasa Arab
|
GTT
|
14
|
Siti Herlina, S.Pd
NIP.
|
Sejarah
|
GTT
|
15
|
Hj. Risnawati, S.Pd
NIP.
|
Bahasa Indonesia
|
GTT
|
16
|
Erni, S.Pd
NIP.
|
Biologi/Kimia
|
GTT
|
17
|
Asryani Ananta, S.Pd
NIP.
|
Bahasa Inggris/
Tik
|
GTT
|
18
|
Mulyadi, S.Pd
NIP.
|
Ekonomi
|
-
|
19
|
Akira, A.Ma.Pust
|
-
|
PTT
|
20
|
Umrah
NIP.
|
-
|
PTT
|
(ii)
Jumlah Guru
Jumlah
guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Sampaga
yakni berjumlah 19
orang, dimana guru tenaga pendidik jurusan Pendidikan Biologi sebanyak 1 orang. Sebagai rincian
akan di sajikan pada tabel berikut :
Mata
Pelajaran
|
Jumlah
Guru
|
Keadaan
|
||
PNS
|
GTT
|
Lebih
|
Kurang
|
|
Pendidikan Agama Islam
|
-
|
1
|
-
|
-
|
PKN
|
1
|
1
|
-
|
-
|
Bahasa Dan Sastra
|
-
|
2
|
-
|
-
|
Bhs.Inggris
|
-
|
2
|
-
|
-
|
Bhs Arab
|
-
|
-
|
-
|
1
|
Matematika
|
2
|
-
|
-
|
-
|
Fisika
|
1
|
-
|
-
|
-
|
Biologi
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Kimia
|
-
|
-
|
-
|
1
|
Sejarah
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Geografi
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Ekonomi /Akuntansi
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Pendidikan Sosiologi
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Seni dan Budaya
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Pendidikan Jasmani
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Mulok
|
-
|
-
|
-
|
1
|
TIK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Pustakawan/Wati
|
-
|
2
|
-
|
-
|
BK
|
-
|
-
|
-
|
1
|
Jumlah
|
4
|
15
|
-
|
4
|
Tabel 1.3 Data Tenaga Pendidik SMAN 1 Sampaga
(iii) Laboratorium
Sekolah ini memiliki sarana dan prasarana
laboratorium yang belum memadai. Laboratorium Kimia dan Biologi masih bergabung,
dan belum memiliki laboratorium fisika, laboratorium bahasa, dan laboratorium
komputer.
Ruang Laboratorium
|
Luas (M2)
|
Jumlah Buku
|
Keadaan
|
||
Fisika
|
Kimia
|
Biologi
|
|||
0
|
1
|
1
|
1700
|
12.000
|
Baik
|
Tabel 1.4
Laboratoriumm SMA Negeri 1 Sampaga
(iv) Unit Kegiatan Siswa
Unit
Kegiatan Siswa merupakan unit pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di tingkat
sekolah. Seperti
halnya sekolah
di SMA Negeri 1 Sampaga,
unit aktivitas ini terbagi dalam karakter/bidang-bidang sebagai berikut:
1.
Osis SMA Negeri 1
Sampaga
2.
Pramuka,
Saka Bhayangkara
3.
Pencak Silat
4.
Paskibra
5.
PMR (Palang Merah
Remaja)
BAB
II
PROSEDUR
PELAKSANAAN
A. Jumlah
Siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan Magang 2
1. Jumlah
siswa yang menjadi objek penelitian magang 2 di kelas XI IPA yaitu berjumlah 32 orang.
Adapun Jumlah Siswa SMA
Negeri 1 Sampaga pada table berikut.
No
|
Keterangan
|
Jumah Siswa
|
1
|
Kelas X
|
133
siswa
|
2
|
Kelas XI
|
98
siswa
|
3
|
Kelas XII
|
130
siswa
|
Jumlah
|
361
siswa
|
Tabel
2.1 Jumlah Siswa SMAN 1 Sampaga
2. Tempat
Tempat
magang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampaga.
Jalan Poros Bunde-Toabo,
desa Bunde, kecamatan Sampaga, kabupaten Mamuju, provinsi Sulawesi Barat.
3. Waktu
Pelaksanaan Magang 2
Kegiatan
Magang 2 di SMA Negeri 1 Sampaga dilaksanakan
selama kurang lebih satu minggu, mulai tanggal 14 s.d 21 Agustus 2017. Dengan
jumlah masuk di ruang kelas sebanyak 2 kali pertemuan, yaitu pada 18 Agustus dan 19 Agustus 2017.
B. Langkah-langkah
Menelaah
1. Pendaftaran
Magang 1
Langkah
pertama yang dilakukan yaitu pendaftaran magang 2. Dalam pendaftaran magang 2,
fakultas menentukan syarat pelaksanaan magang dan prosedur pendaftaran magang.
Mahasiswa dapat mengikuti magang 2 apabila memenuhi persyaratan akademik maupun
persyaratan administratif.
Syarat
pendaftaran magang 2, yaitu :
1. Dapat
membaca Al-qur’an dengan baik.
2. Saat
mendaftar minimal semester 2 dan aktif pada semester sebelumnya.
3. Bersedia
menjaga nama baik almamater.
2. Pembekalan
Magang 2
Pembekalan
Magang 2 dijadwalkan pada tanggal 28 Juli 2017 yang bertempat di gedung Iqra B4.14.
Kegiatan pembekalan magang ini bertujuan memberikan sosialisasi dan pemahaman
kepada mahasiswa magang 2. Dalam pembekalan magang 2 ini, dosen pengampu
melakukan tatap muka dengan calon mahasiswa magang. Pada bimbingan tersebut
dosen pengampu menjelaskan tentang konsep magang, tujuan magang, hal-hal yang
harus dilakukan pada saat magang, dan deskripsi kriteria penilaian.
3. Pengambilan
Surat
Pengambilan
surat dilakukan sebelum pelaksanaan magang 2. Pengambilan surat magang
dilakukan oleh salah satu mahasiwa sebagai perwakilan untuk diberikan kepada
kepala sekolah di tempat pelaksanaan magang 2 sebanyak 1 buah lampiran.
4. Penyerahan
Surat
Penyerahan
surat ke kepala sekolah tempat pelaksanaan magang 2 dilaksanakan pada tanggal 14
Agustus 2017. Dengan penyerahan surat tersebut ke kepala sekolah tempat
pelaksanaan magang 2 menandakan diterimanya mahasiswa untuk melaksanakan magang
di lokasi yang telah ditentukan.
5. Pelaksanaan
Magang 2
Pelaksanaan
magang 2 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 14 Agustus s.d 21 Agustus 2017 yang
bertempat di SMA Negeri 1 Sampaga.
Jalan Poros Bunde-Toabo,
desa Bunde, kecamatan Sampaga, kabupaten Mamuju, provinsi Sulawesi Barat.
Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan selama pelaksanaan magang 2, yaitu :
a. Pertemuan
ke - 1
Senin,
14/08/2017: Pengajuan surat ke kepala sekolah SMA Negeri 1 Sampaga sebagai pengantar atau
surat permohonan pelaksanaan magang 2.
b. Pertemuan
ke - 2
Selasa,
15/08/2017: Mengumpulkan
informasi mengenai profil sekolah SMA Negeri 1 Sampaga.
c. Pertemuan
ke - 3
Rabu, 16/08/2017:
Menemui guru pamong untuk meminta silabus sekaligus meminta izin untuk
melakukan pengamatan di dalam kelas.
d. Pertemuan
ke - 4
Jumat, 18/08/2017:
Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru serta
menelaah pembelajaran.
e. Pertemuan
ke - 5
Sabtu, 19/08/2017: Menelaah
sistem evaluasi.
f. Pertemuan
ke - 6
Senin, 21/08/2017: Mengikuti
upacara bendera dan meminta tanda tangan kepada kepala sekolah dan guru pamong.
6. Pengamatan
Pelaksanaan
Magang ini dilaksanakan dengan metode pengamatan langsung ke lapangan. Adapun pengamatan yang
dilakukan yaitu meliputi:
a) Pengamatan
langsung manajemen sekolah.
b) Pengamatan
mengenai kurikulum, strategi pembelajaran yang digunakan guru,rancangan RPP
guru, media pembelajaran yang digunakan guru, serta sistem evaluasi
pembelajaran yang digunakan guru.
c) Pengamatan
langsung proses pembelajaran di kelas.
d) Refleksi
hasil belajar proses pembelajaran.
7. Penyusunan
Laporan
Penyusunan
laporan merupakan tahap akhir dalam melakukan pengamatan. Dalam penyusunan
laporan ini setiap mahasiswa diwajibkan membuat laporan sesuai dengan format
laporan kegiatan magang 2.
BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Telaah
A.1. Kurikulum
Sejalan dengan perkembangan zaman dan
dalam rangka mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan dan
meningkatkan mutu pendidikan nasional maka Departemen Pendidikan Nasional
merespon dengan menyempurnakan kurikulum secara berkelanjutan, yang diberi nama
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diberlakukan sejak tahun 2006.
Kurikulum ini merupakan refleksi pemikiran terhadap kurikulum pendidikan dasar
dan menengah sebagai salah satu wujud reformasi pendidikan. Selain materi
pembelajaran telah disederhanakan, dalam kurikulum KTSP standar isi hanya
disediakan standar minimal, sementara pengembangan diserahkan pada sekolah yang
bersangkutan disesuaikan dengan karakteristik sekolah tersebut. Untuk mencapai
tujuan pembelajaran dengan hasil yang baik, penilaian dilakukan bedasarkan
pencapaian setiap indikator, mulai dari saat kegiatan belajar berlangsung
sampai dengan akhir pembelajaran dan penilaian lebih ditekankan pada penilaian
yang bersifat individual.
Dengan kata lain, setiap sekolah
berkewenangan untuk mengembangkan sendiri kurikulum pendidikannya dengan
mengacu pada standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran, serta perangkat acuan standar nasional lainnya. Sekolah
bebas untuk memilih dan mengembangkan sendiri model kurikulum yang
diperlukannya, termasuk untuk mata pelajaran Biologi.
Hal itu dilakukan dengan memperhatikan
hasil analisis yang mendalam terhadap keadaan dan kebutuhan peserta didik masa
sekarang dan akan datang. Dengan kurikulum KTSP, diharapkan dapat membekali
peserta didik untuk menghadapi tantangan secara mandiri, cerdas , kritis,
rasional, dan kreatif.
Kurikulum adalah perangkat mata
pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga
penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan
kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan
perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap
jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan
lapangan kerja.
Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya
disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan.
Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan
tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
Kurikulum yang dipakai disekolah ini
dipadukan antara kurikulum sekolah dan budaya lokal, hal ini bertujuan agar
sekolah ini mampu mencetak generasi muda yang bukan hanya mampu menguasai ilmu
pengetahuan dan tekhnologi tapi juga generasi yang tahu dan faham akan ilmu
agama, sosial budaya sehingga sudah barang tentu banyak alumni SMA Negeri 1 Sampaga
dapat melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat
bersaing secara positif dengan sekolah-sekolah lain di luar daerah.
Berdasarkan analisis di atas, penggunaan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) masih diterapkan di SMA Negeri 1
Sampaga pada kelas XI dan XII. Sedang kelas X sudah menerapkan kurikulum baru
yakni Kurikulum 2013. Diamana, kelas yang saya amati pada kegiatan magang 2 ini
masih menggunakan KTSP, yakni di kelas XI, tepatnya XI IPA yang berjumlah satu
ruangan saja. Adapun penerapan KTSP ini bertujuan memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk:
1. Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memahami dan menghayati, serta
mengamalkan ajaran agamanya masing-masing,
2. Meningkatkan
pengembangan keragaman potensi, minat dan bakat, serta kecerdasan intelektual,
emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat
perkembangannya,
3. Mampu
menguasai pengetahuan dan teknologi,
4. Meningkatkan
potensi fisik dan membudayakan sportifitas serta kesadaran hidup sehat,
5. Meningkatkan
kepekaan, kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan
keseimbangan (harmoni),
6. Hidup
bermasyarakat, berguna untuk orang lain, dan
7. Membangun,
menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif,
inovatif, dan menyenangkan.
Kurikulum SMA Negeri 1 Sampaga ini
dikembangkan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan penyusunan
kurikulum yang disusun oleh BSNP serta memperhatikan pertimbangan komite
sekolah.
KTSP disusun sebagai pedoman
penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMA
Negeri 1 Sampaga. Tujuan pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan adalah tahapan
atau langkah untuk mewujudkan visi sekolah dalam jangka waktu tertentu.
A.2. Strategi
Pembelajaran Yang Digunakan Guru
Strategi pembelajaran merupakan strategi
atau teknik yang harus dimiliki oleh para pendidik maupun calon pendidik. Hal
tersebut sangat dibutuhkan dan sangat menentukan kualifikasi atau layak
tidaknya menjadi seorang pendidik, karena proses pembelajaran itu memerlukan
seni, keahlian dan ilmu guna menyampaikan materi kepada siswa sesuai tujuan,
efesien, dan efektif. Strategi pembelajaran juga merupakan cara-cara yang akan
dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi
pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan
memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat
dikuasainya diakhir kegiatan belajar. Strategi disusun untuk mencapai tujuan
tertentu, sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan
berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian
tujuan.
Dalam pengamatan proses pembelajaran
yang berlangsung di kelas khususnya pada guru Biologi, oleh ERNI, S.Pd di SMA
Negeri 1 Sampaga, strategi pembelajaran yang digunakan meliputi model dan
metode yakni:
1. Model
pembelajaran kooperatif: dimana pada
proses pembelajaran yang berlangsung di kelas, guru mengelompokkan siswa
menjadi beberapa kelompok.
2. Metode
pembelajaran: diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Dimana metode pembelajaran
diskusi dalam pembelajaran, siswa dikelompokkan dalam satu tim dan
mendiskusikan tugas yang diberikan dengan bimbingan oleh guru, kemudian
beberapa kelompok mempresentasikan jawabannya, sedangkan kelompok lain
menanggapi. Diakhir pembelajaran guru memberikan tugas/ Pekerjaan Rumah (PR).
A.3. Rancangan RPP Guru
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /
Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : 1. Memahami struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi
Dasar :
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan.
Tujuan : 1. Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan,
mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
2. Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan
sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel
eukariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel
tumbuhan
·
Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan
mikroskopis
·
Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
·
Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma,
dan inti sel
·
Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan
sel eukariotik
II. Materi
Ajar
·
Struktur
sel dan fungsi sel meliputi,
1. Membran sel
2. Sitoplasma
3. Inti sel
·
Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·
Sel prokariotik dan sel eukariotik
III. Metode
Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengamati
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
|
· Membuat peta
konsep sel
· Membuat
preparat pengamatan mikroskopis sel
· Menggunakan mikroskop
untuk pengamatan sel
· Menggambar
sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis
· Membedakan
struktur sel hidup dan sel mati
· Membedakan
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
· Menentukan
nama bagian-bagian sel hasil
pengamatan mikroskopis
|
· Siswa dapat
Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
· Siswa dapat
Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
· Siswa dapat
Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
· Siswa dapat
Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
· Siswa dapat
Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
· Siswa dapat
Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik
|
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A.
Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
·
Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan
menggunakan Kegiatan 1.3 dan 1.4.
B.
Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan
mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan
sel tumbuhan dan sel hewan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa membuat
preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa menggambar hasil pengamatan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di
bawah mikroskop. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa menggambar hasil pengamatan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat
diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan
sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.
Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel
tumbuhan.
B.
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel
tumbuhan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
·
Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan
sel gabus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
·
Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan
tumbuhan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru menunjukkan gambar sel bakteri. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan
dengan sel bakteri. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel
prokariotik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan
sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku Kerja Biologi 2A, Ign Khristiyono, Esis
·
Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
·
Mikroskop
·
Lembar Kegiatan 1.3 dan 1.4
VI. Penilaian
·
Laporan hasil pengamtan sel
·
Uji kompetensi tertulis
………………,…………………20…
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK :
..................................
|
A.4. Media Pembelajaran Yang Digunakan
Guru
Kata media berasal dari bahasa latin dan
merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara
atau pengantar. Oemar Hamalik (1980): Mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan media
pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih
mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses
pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Sedangkan menurut Schramm, media
pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan
untuk keperluan pembelajaran.
Berdasarkan beberapa pengertian yang
dikemukakan maka dapat disimpulkan bahwa media merupakan suatu proses
penyampaian informasi yang dapat merangsang pemikiran peserta didik dan
menghilangkan tekanan yang ada sehingga mampu memaknai pelajaran yang diperoleh
serta dalam penerapan media pendidikan adakalanya pesan yang disampaikan itu
berhasil bahkan mengalami kegagalan dan Hasil observasi menyatakan bahwa guru
bidang studi yang penulis ikuti tidak menggunakan media pembelajaran yang mampu
meningkatkan aktifitas belajar siswa.
Berdasarkan pengamatan, guru hanya menggunakan
buku dan lembar kegiatan siswa serta media gambar yang biasa disebut dengan
media visual sebagai medianya. Media visual menjadi dua, yaitu media visual diam
dan media visual gerak. Namun hanya media visual diam saja yang digunakan oleh
guru bidang studi Biologi di SMA Negeri 1 Sampaga dikarenakan tidak adanya
listrik di sekolah. Medianya seperti foto, ilustrasi, gambar pilihan dan
potongan gambar, bagan, diagram, poster, peta, dan lain- lain.
Media serbaneka juga dimanfaatkan karena
merupakan suatu media yang disesuaikan dengan potensi di daerah, di sekitar
sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai
media pengajaran. Media serbaneka diantaranya seperti: Papan tulis, realita,
dan sumber belajar pada masyarakat.
A.5. Sistem
Evaluasi Pembelajaran Yang Digunakan Guru
Adapun sistem evaluasi
yang digunakan guru bidamg studi Biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sampaga
yaitu sistem evaluasi input dan transformasi. Dimana sistem evaluasi input mencakup
kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan. Sedang evaluasi transformasi merupakan
evaluasi terhadap unsur-unsur transformasi proses pembelajaran anatara lain materi,
media, metode dan lain-lain.
Pada saat melakukan
evaluasi, guru menggunakan metode dengan mengarahkan kode soal kepada siswa
terlebih dahulu. Kode yang digunakan ada dua macam, yaitu kode soal A dan kode
soal B yang bertujuan agar siswa tidak dapat bekerja sama, untuk menilai
kemampuan kepribadian, serta keyakinannya. Setelah pembagian kode soal, guru
meminta siswa mengumpulkan catatannya untuk diperiksa, lalu guru membacakan
soal evaluasi. Setelah membacakan soal,
guru memeriksa catatan siswanya sembari menunggu siswa menyelesaikan soal
sampai waktu pembelajaran berakhir.
B.
Hasil Pengembangan
B.1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Adapun
deskripsi hasil pengembangan RPP yaitu pengembangan
RPP harus memperhatikan minat dan perhatian peserta didik terhadap materi
standar dan kompetensi dasar yang dijadikan bahan kajian. Dalam hal ini harus
diperhatikan guru jangan hanya berperan sebagai transformator, tetapi juga
harus berperan sebagai motivator, mendorong peserta didik untuk belajar, dengan
menggunakan berbagai variasi media dan sumber belajar yang sesuai, serta
menunjang pembentukan kompetensi dasar.
Untuk
kepentingan tersebut, berikut ini terdapat beberapa prinsip yang harus
diperhatikan dalam pengembangan RPP dalam menyesuaikan implementasi, antara
lain :
1. Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas
2. Rencana pembelajaran harus sederhana dan fleksibel, serta
dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan
kompetensi peserta didik.
3. Kegiatan – kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam
RPP harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
4. RPP yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh, serta
jelas pencapaiannya.
5. Harus ada koordinasi antarkomponen pelaksana program di
sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim.
Berdasarkan
uraian diatas, berikut hasil pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
1. IDENTITAS
MATA PELAJARAN
a. Nama
Sekolah : SMA NEGERI 1 SAMPAGA
b. Kelas
: XI (Sebelas)
c. Semester : 1 (Satu)
d. Mata
Pelajaran : BIOLOGI
e. Jumlah
Pertemuan : 2 kali pertemuan
2.
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
3.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai
unit
terkecil kehidupan.
4. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Membuat
preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menggambar
struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·
Membandingkan
struktur sel hidup dan sel mati
·
Membandingkan
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menjelaskan
struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·
Mendeskripsikan
perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik
5. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan
menggambar hasil pengamatan. (Nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
2.
Siswa
mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan,
serta sel prokariotik dan sel eukariotik. (Nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
3.
Karakter siswa yang diharapkan yaitu Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
4.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif yaitu Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
6. MATERI
AJAR
Pengertian sel, bagian,
struktur, dan komponen beserta fungsinya.
7. ALOKASI
WAKTU
2 kali pertemuan (4 x
45 menit)
8. METODE
PEMBELAJARAN
·
Demonstrasi
·
Latihan
·
Penugasan
·
Ceramah interaktif
9. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (2 x 45
menit)
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
1
|
Kegiatan pendahuluan
-
Menjelaskan tujuan
pembelajaran
-
Memberikan penjelasan
tentang pengantar ruang lingkup materi tentang sel
-
Guru meminta siswa
melakukan pengamatan sel
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan inti
-
Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel
tumbuhan dan sel hewan
-
Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan
-
Siswa membuat preparat sel
tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop
-
Siswa menggambar hasil pengamatan
-
Siswa membuat laporan hasil pengamatan
-
Siswa menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
-
Guru menjelaskan kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui
|
65 menit
|
3
|
Kegiatan penutup
-
Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan
menggunakan mikroskop dan fungsinya
-
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
berdasarkan hasil pengamatan
-
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (2 x
45 menit)
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan pendahuluan
-
Menjelaskan tujuan
pembelajaran
-
Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
-
Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok
-
Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan dan
diberikan pada masing-masing kelompok
-
Setiap kelompok diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel
gabus
-
Setiap kelompok diminta memberi nama bagian-bagian selnya
-
Guru menunjukkan gambar sel bakteri
-
Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel
bakteri
-
Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik
berdasarkan kelompoknya
-
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui/tanya jawab
|
65 menit
|
3
|
Kegiatan penutup
-
Guru memandu siswa menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel
hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik
-
Guru memberi tugas belajar sesuai topik untuk pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
10. SUMBER
BELAJAR
·
LCD / Laptop
·
Buku Kerja Biologi 2A,
Ign Khristiyono, Esis
·
Buku Biologi XI, Dyah
Aryulina, Esis, Bab 1
·
Lembar kegiatan
11.
PENILAIAN
1. Teknik penilaian
a. Evaluasi
b. Penugasan
c. Jawaban hasil diskusi
2. Bentuk instrumen
a.
Tes pilihan ganda
b.
Lembar diskusi siswa
3. Program Tindak
Lanjut
a. Remedial : Diberikan apabila
siswa mendapat nilai < KKM KD
b. Pengayaan : Diberikan apabila
siswa mendapat nilai > KKM KD
Contoh instrumen
a.
Perhatikan
kedua gambar di bawah ini! Pada gambar tersebut terdapat bagian-bagian yang
disebut organel. Identifikasi organel tersebut berdasarkan karakteristiknya dan
jelaskan fungsinya!
Gambar organel sel hewan
|
Fungsi
|
1.
|
|
Gambar organel sel tumbuhan
|
Fungsi
|
1.
|
b. Perhatikan tabel berikut! Temukan perbedaan yang
dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan berdasarkan tabel dan gambar diatas!
No
|
Perbedaan
|
Gambar 1
|
Gambar 2
|
LEMBAR
OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan Siswa
|
Skor
|
||
Bertanya
|
Berpendapat
|
Menjawab Pertanyaan
|
|||
Bertanya
Skala
4
|
Sering bertanya dengan logis dan
benar
|
3
|
Sering bertanya dengan benar
namun tidak logis
|
2
|
Kadang-kadang bertanya
|
1
|
Tidak pernah bertanya
|
Berpendapat
Skala
4
|
Sering berpendapat dengan logis
dan benar
|
3
|
Sering berpendapat dengan benar
namun tidak logis
|
2
|
Kadang-kadang berpendapat
|
1
|
Tidak pernah berpendapat
|
Menjawab pertanyaan
Skala
4
|
Selalu
menjawab pertanyaan dengan benar
|
3
|
Selalu
menjawab pertanyaan namun tidak tepat
|
2
|
Kadang-kadang
menjawab
|
1
|
Tidak pernah
menjawab
|
Keterangan
Penilaian:
10-12
: Sangat baik (A)
7-9
: Baik (B)
4-6 : Cukup (C)
1-3 : Kurang (D)
Sampaga,
21 Agustus 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 SAMPAGA Mahasiswa
Magang 2
H. SUDIRMAN, S.Pd.,
M.Pd
Echa Wahyu Ningsih
NIP. 19700101 199802 1 013
B.2. Bahan Ajar
Deskripsi hasil pengembangan bahan ajar
sebagai berikut.
Bahan
ajar yang digunakan guru bidang studi Biologi kelas XI di SMA Negeri Sampaga
yaitu bahan ajar cetak (Printed)
yang dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk.
Selain itu, guru juga menggunakan buku teks. Buku teks pelajaran umumnya merupakan bahan tertulis yang menyajikan ilmu
pengetahuan atau buah pikiran dari pengarangnya yang disusun secara sistematis
berdasarkan kurikulum yang berlaku. Menjadi pegangan guru dalam menentukan metode pengajaran
dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau
mempelajari pelajaran baru. Lembar Kegiatan Siswa (student work sheet)
juga digunakan, dimana LKS ini merupakan lembaran-lembaran
berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar
kegiatan ini
berupa petunjuk atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu
tugas. Suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar kegiatan harus
jelas kompetensi dasar yang akan dicapainya. LKS berfungsi untuk meminimalkan
peran pendidik dan mengaktifkan peran peserta didik, mempermudah peserta didik
untuk memahami materi yang diberikan dan kaya akan tugas untuk berlatih.
B.3. Asesmen
Deskripsi hasil pengembangan asesmen
sebagai berikut.
Untuk
mengetahui tingkat kemampuan siswa dan seberapa besar tercapainya tujuan dari
pembelajaran diperlukan adanya penilalian atau assesmen. Asesmen ini merupakan bagian yang terpenting
dalam proses pembelajaran di bidang studi apapun. Asesmen merupakan kegiatan
mengumpulkan informasi karakteristik siswa yang dilakukan secara sistematis.
Tujuan utama proses asesmen dalam pendidikan adalah untuk menginterpretasikan
perbedaan dalam pola-pola belajar siswa. Asesmen dapat membantu pengajar
memfokuskan diri pada strategi mengajar yang efisien dan tepat, dan asesmen
pada dasarnya merupakan proses yang berlangsung terus-menerus. Penilaian hasil belajar ini dapat juga disebut sebagai
evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu komponen yang harus dicapai guru dan
siswa untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Evaluasi dapat
mencakup penilaian kompetensi inti sikap spiritual, kompetensi inti sikap
sosial, kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi inti keterampilan.
Sejalan
dengan penjelasan diatas, penilaian yang dilakukan guru haruslah sesuai dengan
kondisi siswa yang sebenarnya, karena tidak menutup kemungkinan setiap guru
dapat menjalankan tugasnya dengan baik, khususnya dalam pemberian nilai. Sering
pula ditemukan guru yang melakukan asesmen dengan cara yang salah seperti
diskriminasi dan asal memberikan penilaian tanpa mengetahui kondisi siswa yang
sebenarnya. Hal inilah yang sangat merugikan dalam dunia pendidikan dimana
tujuan yang sangat diharapkan tidak dapat berjalan dengan baik.
Sistem
asesmen yang dilakukan oleh tenaga pengajar di SMA Negeri 1 Sampaga cukup baik.
Maka tidak dikhwatirkan akan terjadi adanya kecurangan dalam pemberian nilai.
Tetapi disamping itu, kewaspadaan guru dan pihak lainnya dalam sistem asesmen
ini haruslah tetap ada agar kegiatan asesmen ini tetap berjalan dengan baik. Untuk guru Biologi SMA Negeri 1 Sampaga dalam proses belajar mengajar dalam hal penilaian,
menilai siswa dari segi sikap baik spiritual maupun sosial selama proses
belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan tehnik observasi. Menilai
pengetahuan siswa dengan memberikan tugas secara individu dan kelompok,
memberikan kuis, melaksanakan ulangan harian, ulangan tengah semester maupun ulangan semester akhir. Dan terakhir penilaian keterampilan
ini bisa dilakukan dengan memberikan tugas proyek kepada siswa, penugasan ini
dilakukan secara berkelompok. Setiap siswa yang tidak memenuhi KKM yang telah
ditentukan maka diharuskan mengikuti kegiatan remedial oleh guru yang
bersangkutan sehingga nilainya dapat memenuhi KKM yang telah ditentukan.
Berikut ini strategi asessmen,
diantaranya:
a)
Asesmen statis
Asesmen
statis adalah asesmen yang yang dilakukan berdasarkan pola waktu yang telah
ditentukan. Misalnya dilakukan pada awal masuk sekolah atau tahun pelajaran
baru, tengah semester dan akhir semester.
b)
Asesmen Dinamis
Asesmen
dinamis adalah asesmen yang dilakukan tanpa terikat oleh pola waktu. Asesor
terus melakukan penilaian, pengukuran dan evaluasi sepanjang perkembangan anak
dalam proses belajar atau kehidupannya. Setiap hasil asesmen menjadi baseline
bagi asesmen berikutnya.
c)
Teknik
Tekniknya
meliputi tes, evaluasi, wawancara, observasi, dan analisis pekerjaan anak. Dalam satu proses asesmen, biasanya semua
teknik itu digunakan, tidak hanya satu teknik saja.
Selain strategi
asessmen juga terdapat prinsip dari asesmen itu sendiri, diantanya:
a)
Guru harus menilai
dengan obyektif dan adil. Disini guru dituntut untuk penilaian harus
dilaksanakan secara obyektif. Untuk itu, penilaian harus adil, terencana, dan
menerapkan kriteria yang jelas dalam pemberian skor.
b)
Validitas, berarti
menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk
mengukur kompetensi.
c)
Berkesinambungan, penilaian
dilakukan guru harus secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk
memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik dalam kurun waktu
tertentu.
d)
Mendidik, proses dan
hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki proses
pembelajaran bagi guru, meningkatkan kualitas belajar dan membina peserta didik
agar tumbuh dan berkembang secara optimal.
C. Refleksi
dan Pembahasan
Penilaian proses dilakukan dengan
pengamatan (observasi), dan refleksi. Pengamatan dilakukan oleh guru ketika
peserta didik sedang mengikuti pembelajaran, mengajukan pertanyaan/permasalahan,
merespon atau menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas-tugas
pembelajaran lainnya, baik di kelas maupun di luar kelas. Dalam implementasi
kurikulum, pengamatan dilakukan oleh sesama guru, saling mengamati, karena kurikulum ini
mendorong kelompok peserta didik dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran
tematik integratif. Di samping memulai pengamatan (observasi), penilaian proses
juga dapat dilakukan melalui refleksi. Refleksi dilakukan oleh guru
bersama peserta didik, dengan melibatkan
kepala sekolah, agar ditindak lanjuti dengan pengembangan kebijakan sekolah.
Refleksi ini merupakan tindak lanjut dari pengamatan (observasi), sehingga
apa-apa yang dibicarakan dalam refleksi adalah hasil observasi, beserta hasil-hasil
lain yang muncul dalam pembelajaran.
BAB
IV
SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan
Dari
hasil observasi yang dilakukan dalam program magang 2 ini hasil yang diharapkan
dalam pengamatan sesuai aspek yang terdapat pada format laporan kegiatan magang
2 terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pengamatan yang telah
dilakukan selama kurang lebih satu minggu di SMAN 1 Sampaga alhamdulillah dapat
dijalankan dengan lancar. SMAN 1 Sampaga adalah salah satu sekolah menengah
atas yang memiliki kultur sekolah berjiwa sabar, senantiasa saling mencintai dan
menghormati.
B. Saran
Dengan
terlaksananya program Magang 2 ini saya harap, saya bisa memahami dan
mengaplikasikannya dalam program selanjutnya. Syukur saya ucapkan kepada Allah
SWT karena telah memberi jalan dan memudahkan saya dalam menyelesaikan laporan
Magang 2 dengan sebaik-sebaiknya meski jauh dari kata sempurna. Kritik dan
saran sangat diharapkan untuk menyempurnakan laporan ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Ali M. 1995. Strategi Penelitian
Pendidikan. Bandung: Angkasa
Anitah S. 2008. Media
Pembelajaran. Surakarta: UNS Press
Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada
Djamarah S.B & Zain A. 2006. Strategi
Belajar Mengajar (Edisi Revisi III). Jakarta: Rineka Cipta
Majid A. 2009. Perencanaan
Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto N. 2004. Prinsip-prinsip dan
Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya
Sadiman
A S, Rahardjo, Haryono A & Rahardjito. 2002. Media Pendidikan,
Pengertian,
Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Post a Comment for "laporan magang 2"